Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan's Avatar

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan (unverified)

20 Nov, 2016 07:00 AM

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - Harga bahan bakar minyak (BBM) kian mahal. Sebentar lagi, menurut prediksi, pemerintah pun mampu tingkatkan harga BBM bersubsidi demi mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Dampak kenaikan harga BBM selamanya menyakitkan dan memberatkan masyarakat, khususnya bagi kehidupan kalangan menengah ke bawah.

Berangkat berasal berasal berasal berasal berasal dari keadaan tersebut, warga masyarakat di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ternyata mengembangkan bahan bakar alternatif.

Masyarakat Mengenakan begitu banyak bahan aneka limbah pabrik yang sudah tak berguna, sehabis itu diubah menjadi bahan bakar ramah lingkungan yang mereka beri nama biomass pelet.

Selain ramah lingkungan, bahan bakar ini juga terlampau tidak mahal dan lebih irit dibanding bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama Mengenakan BBM. Sebagian besar warga dusun di lokasi desa ini pun kini memanfaatkannya untuk memasak.

Ayus Dodi Kirana selaku pengembang pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan kekuatan alternatif, menunjukkan bahwa sejauh ini pihaknya Mengenakan bahan berasal berasal berasal berasal berasal dari limbah pabrik rokok bersifat debu tembakau yang sehabis itu dicampur bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama serbuk kayu berasal berasal berasal berasal berasal dari limbah penggergajian kayu, ampas tebu berasal berasal berasal berasal berasal dari limbah pabrik gula, dan limbah serbuk uang kertas yang sudah rusak berasal berasal berasal berasal berasal dari Bank Indonesia.

"Dari bahan-bahan limbah pabrik itu kita olah, sehabis itu kita beri nama biomass pelet," ujar Ayus Dodi Kirana, yang juga merupakan Direktur Pemasaran PT Greeno Inovasi Energi itu.

Menurut dia, limbah-limbah pertamina bahan bakar ini dicampur bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama komposisi tertentu, sehabis itu dibentuk menjadi pelet bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama panjang 2cm.

"Agar mampu lengket kita campur sedikit bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama gaplek sebagai perekat," kata Ayus.

Menurut dia, sisa pembakaran pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ragam bio mass pelet ini, bersifat asap dan abu juga lebih rendah. Bahkan terkecuali ditaburkan dilahan mampu menjadi pupuk organik menjadi terlampau ramah pada lingkungan.

"Kalau berbicara kalori berasal berasal berasal berasal berasal dari olahannya memang tidak terlampau panas, tapi sudah lumayan terkecuali untuk menyita alih alih alih alih alih arang," katanya.

Ayus mengaku mengaku baru mengembangkan kekuatan alternatif ini lima tahun lalu. Kapasitas mengolah tepat ini raih 5 ton tiap harinya. Hal ini sebab bahan baku yang berlimpah menjadi mengolah mampu maksimal. Namun pihaknya juga sedang menjajakan distribusi penjualan baru. Sebab permohonan sudah terlampau banyak
khususnya untuk ekspor.

Harga untuk di Indonesia raih Rp 2.500 per kilogramnya, tapi untuk ekspor US$140 per ton, kata Ayus.

Karena penggunaannya sedikit berbeda, maka pihak produsen memang mengambangkan kompor khusus.

Jadi penjualan pertamina solusi bahan bakar berkualtias dan ramah lingkungan memang satu paket bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama bersama kompornya, kata dia

Reply to this discussion

Internal reply

Formatting help / Preview (switch to plain text) No formatting (switch to Markdown)

Attaching KB article:

»

Attached Files

You can attach files up to 10MB

If you don't have an account yet, we need to confirm you're human and not a machine trying to post spam.

Keyboard shortcuts

Generic

? Show this help
ESC Blurs the current field

Comment Form

r Focus the comment reply box
^ + ↩ Submit the comment

You can use Command ⌘ instead of Control ^ on Mac